5.07.2009

JALAN JALAN GRATIS DI BAYAR DOLLAR


Sedikit bercerita mengenai pengalaman saya saat bekerja di kapal pesiar, tidak ada di dalam benak saya apakah kapal pesiar itu yang sasya tahu adalah kapal seperti kapal ferry antar pulau, paling tidak seperti Kapal Tampomas yang tenggelam diperairan Masalembo.

Dimulai pada tahun 1995 akhir saya lulus dari Tourism Academy di Jakarta, yang ada dalam benak saya adalah bekerja di hotel atau travel itu saja, tidak ada bayangan apapun. maklum pada saat itu dollar masih 3000 idr yang menurut saya tidak menghasilkan banyak uang, tidak disengaja saya bertemu dengan teman saya di sekolah dasar ... saya melihat teman saya tersebut kelihatan bersih, rapi, keren naik sepeda motor terbaru pada jaman itu yang setahu saya temen saya itu dulunya Cupu alias Culun Abis sekarang kelihatan berbeda dengan logat bicaranya bercampur bahasa inggris, selidik punya selidik saya tanyakan dimana, dia bekerja sekarang, dengan nadab yang agak sombong dia katakan aku bekerja di Luar indonesia bukan di Melayu (bahasa anak kapal melayu itu artinya tanah air Indonesia) he he he
tidak ada jawaban yang pasti atau cluenya bagaimana, apa , harus mengapa ?? itu yang berkecamuk di dalam pikiran saya .... dan hal itulah bagi anda yang baru ingin bekerja di kapal pesiar pastinya.
Langkah pertama :
Saya mencari informasi sebanyak banyaknya dari teman saya di mana agentnya terus berlanjut saya beranikan diri untuk melamar , pada saat itu agen kapal yang terkenal ada di daerah Hayam Wuruk, gedungnya tua terletak diperempatan jalan ... tapi jangan salah agen tersebut dipercaya oleh agen manning di amerika untuk merekrut orang-orang indonesia bekerja di salah satu kapal pesiar ternama di dunia.
Langkah kedua :
tidak banyak kendala yang saya dapatkan hanya perlu kesabaran saja ,maklum dulu untuk report masih ditulis tangan dan diketik bisa dibayangkan lamanya menunggu interview, persiapkan diri anda sebaik mungkin sarapan pagi, itu sangat penting
Langkah ketiga :
Bahasa Inggris memegang peranan penting, disamping F & B knowledge , kebetulan saya bekerja sambil kuliah di steak house so paling tidak saya banyak tahulah, mengenai bahasa saya juga kursus di salah satu lembaga bahasa ternama so tidak ada kendala, sampai akhirnya saya berangkat pada bulan januari 1996 ... untuk cruise keliling dunia ... WOWWWW ... tidak terpikir oleh saya mempunyai kesempatan itu

0 comments:

Posting Komentar

PLEASE LEAVE YOUR COMMENT