5.06.2009

MAMPUKAH ANDA MENGATASI STRESS

Inilah sekelumit pengalaman seseorang yang belajar dari pengalaman pribadi

Seorang Pria panggilah ia Santoso, duduk menahan tangis, kelihatannya ia berusaha untuk menahan tangis di depan teman-temannya. Air mata yang sempat bergulir beberapa kali di hapusnya, digenggamannya terdapat sepucuk surat. Ia terdiam, dan menarik nafas beberapa kali lalu berusaha memusatkan pikiran.

Namun ia tidak mampu juga membendung emosinya, iapun masuk ke dalam ruang kerjanya. Untunglah tiba-tiba seorang teman dekat duduk disampingnya dan membiarkan Santoso melepaskan beban yang menghimpit, setelah emosi ditumpahkan, tampak ia mulai menguasai diri dan keadaan sekitar. selama beberapa menit ia bermeditasi.

Dalam keadaan tenang walaupun diselingi Isak tangis, ia mulai bercerita "saya tidak pernah menyangka bahwa beberapa teman, sahabat, dapat berbuat sekejam itu ! dihadapan saya mereka kelihatan manis, mengiyakan apa yang saya katakan .. kenyataannya !!!! tyang membuat saya kecewa adalah mereka mengirim surat ke atasan ? dengan sangat kesal saya benar2 kecewa dengan semua ini, saya menangis bukan karena saya mundur dari jabatan saya, saya cuma merasa malu, dan menyesal mempunyai teman-teman yang selama ini saya hargai ternyata hanya bermental Tempe dan layaknya seorang pengecut ...
Santoso dibiarkan bicara sampai semua kekecewaanya terlampiaskan ...

Mesti anda ingat ... bahwa setiap orang mempunyai masalah pribadi masing-masing ini hanyalah contoh kecil saja

Dalam relatif singkat Santoso dapat menguasai keadaan. Ia hanya berkata ' Saya tidak akan pernah membiarkan orang menghancurkan diri saya. Tidak menjadi masalah mereka tidak mempercayai saya sebagai pimpinan, ia lepaskan semua tanggung jawab pekerjaannya. dan dia akan meneruskan cita-citanya sebagai penulis, mereka akan mengingat saya dengan membaca karya-karya saya, jangan pernah menangisi hidup, Anda harus bersyukur Tuhan masih memberi saya kehidupan untuk berkarya, lalu mereka menikmati hari dengan bernyanyi dan memuji Tuhan ...

Kita dapat mengambil kesimpulan bahwa dalam menghadapi stress kita mesti menghadapi masalah itu dengan beradaptasi dan memilih mekanisme pertahanan yang efektif untuk memahami apa yang terjadi .. dan kemampuan menghadapi stress ini membuat kita menghindari diri kita menjadi GILA....t

1 comments:

nur mengatakan...

andaikan semua orang seperti anda

Posting Komentar

PLEASE LEAVE YOUR COMMENT