6.02.2009

KOPER DAN ISINYA


Yang mau saya beritahukan disini mungkin nggak penting. Tapi nggak ada salahnya untuk saya tulis. Ada beberapa barang yang selalu saya bawa saat berangkat kerja ke kapal pesiar. Barang-barang ini sebenarnya gampang aja dibeli saat kita sudah kerja di kapal. Tapinya saat-saat awal kita tiba, kita sudah disibukkan dengan pekerjaan. Juga belum punya uang untuk beli ini itu karena dapet duitnya ntar kalo udah gajian. Kalo kamu dapet tip, tipnya khan baru dapet setelah selesai cruise.

Jadi di koper sudah saya siapkan barang-barang berikut : shampo, sabun, pisau cukur, gembok buat loker, celana dalam, singlet, kaos kaki putih dan hitam, pulpen, benang dan jarum jahit, lip balm, hand lotion, semir sepatu, deodoran, gunting kuku, gunting kecil, cotton buds, sandal jepit, perlengkapan sholat, sisir, minyak rambut, kupluk, sarung tangan, jam weker, jaket, peniti, sepatu hitam, celana pendek
Jangan lupa sertifikat BST dll (atau fotocopinya) juga nomor rekening tabungan dolar buat yang akan transfer duit lewat bank. Kalo mau transfer lewat western union atau money gram sih simpel banget. Gak perlu no rekening. Cukup bawa crew card waktu mau transfernya. Duitnya yang mau ditransfer juga dibawa hehehe….
Serta jangan lupa bawa gergaji, martil, amplas, semen serta pasir kalau kamu mau bikin rumah. Kalo mau ke kapal jangan bawa yang gituan. Kurang kerjaan !!
Buat shampo dan teman-temannya, bawa aja yang cukup untuk satu bulan. Setelah terima gaji bisa beli lagi kok. Ngapain banyak-banyak ngeberatin koper.
Perhatikan juga aturan seragam saat kerja, apakah harus pake sepatu hitam dan kaus kaki hitam. Kaus kaki buat kerja bawa yang banyak karena akan dipake seharian. Saat dilepas maka baunya kayak terasi! Kalo kamu memang doyan baunya, pake aja lagi buat besok. Nggak ada yang larang kok. Paling-paling teman sekabin kamu sempoyongan lalu muntah-muntah. Hehehe…
Untuk kapal dengan rute di daerah dingin, persiapkan diri dengan lip balm (mencegah bibir pecah kena cuaca dingin), hand lotion (punggung telapak tangan juga bisa pecah-pecah yang kalo dibiarkan menjadi perih), kupluk, sarung tangan dan jaket (buat jalan-jalan, coy!)
Bawa juga foto-foto keluarga kamu. Foto orang tua, istri, anak, ponakan, pacar sendiri, pacar orang lain, gebetan, hewan peliharaan, tuyul peliharaan atau foto artis idola. Penting banget saat lagi home sick.
Walau ada dokter di kapal, nggak ada salahnya bawa juga obat-obatan untuk penyakit ringan seperti obat flu, batuk, balsem, tensoplast, koyo, obat merah, minyak tawon (buat kerokan) dan vitamin. Kalo mau bawa sekalian minuman suplemen (dalam bentuk sachet biar praktis) seperti hemaviton, extra joss, red bull dll.
Untuk seragam, handuk, seprai, sarung bantal dan selimut atau duvet cover sudah disediakan di kapal. Gratis. Ada juga kapal yang mengharuskan crewnya membayar baju seragam.
Ada teman saya yang membawa celana pendek punya istrinya. Di kabin dia pake itu celana. Mungkin untuk mengobati rasa kangen sama istri.

2 comments:

Pixel mengatakan...

Petromaxx nich ya ...
Aneh aneh yang dibawa ya Boz ...

Ertwo Toda Mahardika mengatakan...

mntap infonya

Posting Komentar

PLEASE LEAVE YOUR COMMENT